Resep Cara Membuat Bandeng Bumbu Tomat

Resep Cara Membuat Bandeng Bumbu Tomat. Kali ini Kumpulan Resep akan membagikan resep bagaimana cara membuat bandeng bumbu tomat.

Ada banyak sekali kreasi makanan dari ikan bandeng, salah satunya adalah bandeng bumbu tomat. Bandeng bumbu tomat cukup populer dikalangan ibu ibu, terutama untuk mereka yang sibuk, karena makanan ini dapat dibuat dengan mudah dan cepat.

Resep Cara Membuat Bandeng Bumbu Tomat

Bahan

1 kg bandeng
1 sendok teh sendawa
100 gr bawang merah
5 siung bawang putih
500 gr tomat merah
100 gr gula pasir
300 cc air
2 sdm saos tomat
Garam secukupnya
100 cc minyak goreng


Cara Memasak Bandeng Bumbu Tomat

  1. Semalam sebelumnya, bandeng yang sudah dicuci bersih isi perut dan sisiknya, diremas remas dengan sendawa dan dibiarkan semalam
  2. Keesokan harinya ikan dicucui lagi. Bawang merah dan bawang putih diiris halus, tomat diparut dicampur air, lalu disaring.
  3. Minyak goreng dipanaskan, tumis bawang merah dan bawang putih, kalau sudah layu dicampur garam, gula, air tomat dan saos tomat. Didihkan lalu diangkat. Panci bertekanan diberi alas daun pisang, atau diberi alat berlubang lubang yang berkaki. Letakkan ikan diatasnya dan tuangkan tumisan air tomat. Panci ditutup rapi dan ikan dimasak selama 25 menit. Setelah tekanan panci dimulai, dinginkan dahulu, sebelum panci dibuka

Dikutip dari Buku Aneka Sajian Masakan Kuliner oleh Siti Zubaida, diterbitkan oleh Lintas Media Jombang
Like

Resep Menarik Lainnya: